Rendahkan Fungsi Pers, IWAS Kecam Keras Pernyataan Pj Bupati Muara Enim


SEMENDE, suarasumsel.net  — Ikatan Wartawan Semende (IWAS) mengecam keras pernyataan Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim DR H Ahmad Rizali MA di salah satu group Whatsapp beberapa hari lalu yang terkesan merendahkan fungsi kontrol publik / kontrol sosial karena dianggap mengabaikan UU No 40 tahun 1999 tentang Pers.

Ketua IWAS, Novlis Heriansyah SH menceritakan, dari screenshot whatsapp yang beredar, Pj Bupati Muara Enim DR H Ahmad Rizali MA menuliskan “ado dak gaji kontrol publik .. men dak katik berentilah .. cari gawe lain yang dapet duit,”.

“Pernyataan yang dapat merendahkan komunitas tertentu adalah suatu hal yang tidak sepantasnya disampaikan seorang penjabat Bupati yang bergelar Doktor (Dr), seorang pemimpin yang berpendidikan tinggi seharusnya mampu merangkul bukan memukul,” nilainya.

Novlis juga memaparkan, peran dan fungsi kontrol publik atau kontrol sosial pada dasarnya telah diatur pada sejumlah ketentuan perundang-undangan, diantaranya UU No 40 Tahun 1999 pasal 3 ayat 1 yang menyebutkan Pers nasional berfungsi sebagai media informasi, pendidikan dan kontrol sosial.

“Dengan demikian, jika pernyataan Pj Bupati Muara Enim diartikan sebagai saran bahwa jika tidak menghasilkan uang maka berhenti saja menjalankan fungsi kontrol publik/kontrol sosial, pernyataan tersebut secara langsung juga menghambat bahkan menghentikan fungsi Pers sebagaimana diamanatkan UU Pers,” paparnya.

Dijelaskan Novlis, para jurnalis dan mungkin sebagian orang memiliki prinsip tidak semua pekerjaan dapat diukur dengan uang, tidak sedikit dokter yang memberikan pengobatan gratis, banyak pula tulisan – tulisan Profesor yang terpublikasi kepada masyarakat tanpa bernilai uang hanya untuk kepentingan kemanusiaan.

“Pepatah mengatakan Jangan mengukur baju di badan, bagus pakaian yang dipakai Bupati belum tentu bagus pula dipakai masyarakat, bagus baju dipakai masyarakat tidak berarti indah dipandang jika dipakai Bupati,” jelasnya.

Sebelumnya sebagaimana dikutip dari media Siaga Online, Selasa (25/6) berjudul “Ahmad Rizali, Kata Motivasi Sayang dan Peduli Teman Kontrol Sosial Di Muara Enim,” menuliskan.

Ahmad Rizali menjelaskan, Aku tuh terkadang ngomong apa adanya dan berdasarkan realitas di lapangan. Kawan-kawan yang bertugas sebagai kontrol sosial ini, apakah cuma ini satu-satunya aktivitas mereka dan apakah mereka ini digaji seperti Walhi, ICW, Perludem, Kontras dan sejenisnya.

Mereka ada founding yang membiayai dari luar negeri. Nah teman-teman kontrol sosial di Kabupaten Muara Enim, saya berpikir ada tidak gaji mereka ini. Kalau tidak ada gaji bagaimana hidup sehari hari,” ungkapnya dengan penuh kasih sayang.

Lebih lanjut, Disitulah saya berpikir perlu juga mencari pekerjaan lain, yang menghasilkan uang untuk biaya hidup sehari hari bagi keluarga tercinta,” tutur Rizali.

Diakhir komunikasi awak media, Ahmad Rizal yang juga Pj Bupati Muara Enim ini menegaskan kata-kata motivasi tersebut hanya merupakan wujud edukasi serta memberi semangat untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang dan tidak bermaksud menyinggung apalagi menghina profesi yang menjadi rutinitas kawan-kawan di Muara Enim. (Red)

Berita Terkait

Top