Sekda Lahat Buka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan


LAHAT, suarasumsel.net ——-Pj Bupati Lahat Imam Pasli,S.STP.,M.Si dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Chandra, SH.,MM menghadiri sekaligus membuka secara langsung Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa, pada Rabu (18/09/2024)

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di gedung kesenian kabupaten Lahat dihadiri langsung oleh Forkompinda Lahat serta yang mewakili, Kadis, Kabag, Camat, kepala desa (Kades) serta tamu undangan lainnya yang sempat hadir.

Dalam sambutan tertulis PJ Bupati Lahat Imam Pasli,S.STP.,M.Si yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Chandra,SH.,MM, menyanpaikan, ucapan terimakasih pada seluruh tamu undangan yang sempat hadir dalam kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa Tahun 2024.

Pada kesempatan dirinya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan pada hari ini.

“Kegiatan workshop ini sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan pembangunan di tingkat desa desa merupakan ujung tombak pembangunan Daerah sehingga pengelolaan yang baik transparan menjadi kunci keberhasilan pembangunan desa pengelolaan keuangan desa yang baik adalah pondasi untuk membangun desa yang maju dan mandiri Oleh karena itu penting bagi kita semua khususnya para perangkat desa untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan keuangan Desa,” ujar Chandra

Dalam workshop tersebut dirinya mengajak seluruh pemerintahan desa untuk bersama-sama mengevaluasi bagaimana pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang telah berjalan selama ini.

“Saya berharap agar evaluasi ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua untuk terus memperbaiki menyempurnakan tata kelola keuangan di desa,saya juga ingin menekankan pentingnya prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan Desa setiap penggunaan dana harus dipertanggungjawabkan dengan baik mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan dengan demikian kita dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Desa dan memastikan bahwa pembangunan yang dilakukan benar-benar berorientasi pada kesejahteraan rakyat dalam pelaksanaan pembangunan desa,” Pungkasnya.

Selain itu juga dirinya menekankan kepala desa harus menyusun perencanaan yang selaras dengan pembangunan Kabupaten Jangan nanti arah pembangunan Kabupaten ke kanan tapi pembangunan desa ke kiri.

“Proses perencanaan pembangunan desa yang baik dan benar saat ini Kepala Desa harus siap dalam menyongsong era digital seluruh urusan administrasi pemerintahan desa terkhusus keuangan dan pembangunan desa akan dilaksanakan secara online dalam waktu dekat hal ini semata-mata untuk memastikan pelayanan masyarakat menjadi lebih cepat efektif dan efisien,” ulasnya.

Dalam sambutannya tersebut dirinya berharap agar di setiap harus mempunyai kantor desa dan wajib memasang internet desa di kantor desa .

“Kepala desa harus mempersiapkan perangkat desanya untuk mampu mengoperasionalkan komputer berdasarkan perangkat desa yang ada Jangan hanya memerintahkan satu atau dua perangkat saja berikan tugas perangkat desa sesuai dengan tugas dan fungsinya,” terangnya.

Selain itu juga dirinya berharap agar seluruh peserta workshop dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan aktif berpartisipasi.

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk berbagi pengetahuan pengalaman dan berdiskusi demi kemajuan bersama semoga ini dapat kita implementasikan dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa sehingga desa-desa di Kabupaten Lahat dapat berkembang dengan baik,saya harapkan seluruh untuk bertanya silahkan bertanya apapun permasalahan yang ada di Desa,” ujarnya. (D1N)

Berita Terkait

Top