Mulai Pilkada dan Isu Keberpihakan, Pj Bupati Lahat Angkat Bicara


LAHAT, suarasumsel.net — Terkait Pilkada 2024, dan status Kabupaten Lahat dalam dugaan berpotensi konflik serta isu keberpihakan, membuat Pj Bupati Lahat angkat bicara.

Dalam penjelasannya, Pj Bupati Lahat Imam Pasli S.STP, M,Si menyampaikan, bahwasannya Pemkab Lahat berkomitmen untuk memastikan selama proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lahat periode 2024-2029, akan berjalan dengan lancar, aman, damai dan kondusif.

Saat ditanya wartawan soal laporan Kabupaten Lahat masuk dalam “Zona Merah” atau dugaan berpotensi rawan konflik dalam Pilkada 2024.?
Dijelaskan Pj Bupati Lahat, terkait persoalan tersebut, itu baru hanya sebatas isu dan Alhamdulillah, sampai sekarang Lahat dalam kondisi aman, damai, dan kondusif.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sambung Imam Pasli, Pemkab Lahat telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, seperti TNI, POLRI, KPU, Bawaslu, dan tokoh masyarakat guna menjaga potensi konflik terhadap isu tersebut.

Oleh karenanya, dikatakan Imam Pasli, langkah awal pentingnya sosialisasi untuk menjaga suasana damai. Pemkab Lahat akan terus edukasi kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh berbagai isu-isu yang bakal mengancam memecah belah.

“Saya sangat berharap seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, Pemuda, serta seluruh Paslon dan Tim Sukses dapat berpartisipasi aktif dalam menciptakan situasi aman, damai, dan Demokratis,” ajak Pj Bupati Lahat.

Nah, untuk masalah isu yang beredar mengenai keberpihakan saya terhadap salah satu Calon, ditegaskan Imam Pasli, dirinya selaku Pejabat Bupati Lahat memastikan bersikap Netral dan tidak akan mendukung kepada salah satu Calon.

“Saya memiliki tanggung jawab untuk menjaga Netralitas dan memastikan selama proses Pilkada dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Karena, saya tidak memiliki kepentingan Politik dalam Pesta Demokrasi 5 tahun sekali ini,” ujar Imam Pasli.

Maka dari itu, diakui Pj Bupati Lahat, dirinya hanya fokus dalam menjaga stabilitas, keamanan, dan keberhasilan penyelenggaraan Pilkada yang jujur, adil, damai, dan kondusif.

“Ayo.!! Kita semua bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif, mendukung Pilkada yang berkualitas, adil, dan jujur, serta menjaga keutuhan di Kabupaten Lahat yang kita cintai ini,” pungkas Pj Bupati Lahat. (D1N)

Berita Terkait

Top